Inspiration Start Here

Gallery

Loading...

Oscilator Application

Tidak ada komentar

Osilator merupakan rangkaian untuk mengubah daya DC menjadi daya AC atau dengan
perkataan lain sinyal output akandihasilkan tanpa adanya sebuah sinyal input yang diberikan. Dan sebuah osilator, output sinyal AC yang dapat diatur dan dapat diperkirakan.

Osilator dirancang untuk menghasilkanGGL (Gaya Gerak Listrik)bolak-balik dengan frekuensi dan bentuk gelombang yangdiketahui, seperti gelombang sinus, gelombang kotak dan gelombang gergaji.Rangkaian ini digunakandalam semua jenis peralatan elektronika seperti radiodan TV, komputer, osiloskop, generator sinyal dan digital frekuensi meter.

oscialtor

gambar: blok diagram osilator

Rangkaian dasar osilator seperti terlihat pada gambar 1, yang terdiri dari:

  1. Penguatberfungsi untuk memperkuat dari sinyal inputdan sinyal output dari
    rangkaian umpan balik.
  2. Feedback (umpan balik)adalah proses dimana sebagian sinyal output dari sebuah amplifier dikembalikanke inputnya. Ada dua macam feedback yang merupakan dasardari osilator, yakni posistiffeedback dan negatif feedback.
  3. Rangkaian penentu frekuensi berfungsi  untuk membangkitkan frekuensi yang didapat dari rangkaianyang dikombinasikandari komponen resistor, induktor dankapasitor.

Pada saat osilator pertama kali dicatu makaarus padarangkaianpenentu frekuensi
menghasilkan tegangan yang frekuensinya sama dengan frekuensi yang diinginkan oleh osilator.
Sebagian tegangan itu akan dikembalikan ke terminal input penguat dan dikuatkan,kemudian di kembalikanlagi ke rangkaian penentu dengan tegangan yang lebihbesar dari tegangan awal. Dan begitu seterusnya. Demikian proses ini berlangsung, sehinggadengan demikian amplitudo tegangan sinyalakan bertambah sedikit demi sedikit sampai kondisi titik jenuh penguatan. Karakteristik utama suatu osilator adalah pada frekuensi kerja, kestabilanamplitudo dan persentase distorsi sinyal output.

untuk lebih jelasnya bisa download file disini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar